senam osteoporosis RSU Queen Latifasenam osteoporosis RSU Queen Latifa

Manfaat dan Gerakan Senam Osteoporosis

Senam osteoporosis merupakan gerakan yang digunakan untuk latihan fisik guna kesehatan tulang dengan adanya pembebanan gerakan yang dinamis dan ritmis serta adanya latihan daya tahan yang berbentuk aerobik low impact. Semua jenis senam yang ada tersebut tentunya sudah dikemas dalam satu bentuk senam yaitu yang sering kita kenal dengan senam pencegahan osteoporosis maupun senam terapi osteoporosis.

Bentuk dari senam pencegahan osteoporosis serta senam terapi osteoporosis ini tentunya berbeda, hal ini dikarenakan diperuntukkan bagi kelompok atau orang yang berbeda. Yang membedakannya adalah terletak pada faktor manfaat serta keamanan bagi para pesenam.

Pentingnya Senam Osteoporosis

Senam ini selain mempunyai manfaat untuk kesehatan tulang para pesenam tentunya juga memilki manfaat untuk membuat badan lebih bugar serta sehat. Senam yang bermanfaat untuk  tulang ini dikhususkan atau diperuntukkan bagi para pesenam yang telah berusia dewasa serta telah lanjut usia baik laki-laki ataupun perempuan.

perbedaan tulang yang sudah keropos dan yang masih normal

perbedaan tulang yang sudah keropos dan yang masih normal

Untuk itu bagi kita yang menderita osteoporosis tidak ada salahnya kita melakukan senam ini guna untuk mempercepat kesembuhan atau menanggulangi penyakit tulang ini. Tentunya selain melakukan senam, kita juga harus mengkonsumsi susu.

Tujuan utama dalam melakukan senam ini sebenarnya adalah untuk mengurangi atau melakukan pencegahan terhadap pengeroposan tulang. Untuk itu dalam melakukan senam ini tentunya harus di program secara teratur agar hasil yang kita dapatkan pun dapat maksimal serta dapat mengurangi resiko yang terjadi.

Dalam melakukan senam ini, tentunya setiap orang memiliki intensitas yang berbeda semua ini tergantung pada kondisi peserta sendiri. Untuk itu dapat dikatakan bahwa senam ini bersifat individual.

Untuk mengatahui seberapa sering kita harus melakukan senam, sebaiknya kita berkonsultasi pada ahlinya atau pada dokter yang memang menangani permasalahan osteoporosis. Dengan kita berkonsultasi maka kita dapat mengetahui berat ringannya osteoporosis yang kita derita, status kesehatan kita serta tentunya tingkat kebugaran pada tubuh kita. Ketiga hal ini lah yang menjadikan perbedaan seberapa intensitasnya seseorang harus melakukan senam ini.

Perlu kita ketahui pula, bahwa dalam melaksanakan senam ini, kita tidak boleh sembarang atau asal-asalan. Hal ini dikarenakan sebelum kita melakukan senam ini kita akan memasuki pra latihan. Di dalam pra latihan kita akan diperiksa terlebih dahulu mengenai riwayat penyakit dan cidera, tingkat aktifitas fisik, kekuatan dan keseimbangan otot serta tes karadiovaskuler.

Selain itu juga diadakan tes mengenai tekanan darah. Hal ini dikarenakan jika ada peserta yang mengidap atau terserang tekanan darah tinggi maka akan ada bagian gerakan tertentu yang para peserta tidak harus melakukannya serta tidak diperkenankan untuk menggunakan alat. Senam ini tentunya berbeda dengan gerakan senam pada umumnya. Pada dasarnya senam ini dilakukan dengan posisi duduk di kursi dengan menggunakan tongkat atau beban, matras sebagai alat yang melengkapi untuk melakukan senam ini. Senam ini dilakukan dengan posisi duduk karena ada tiga bagian tulang yang mudah rapuh serta patah pada manusia yaitu pada bagian pergelangan tangan, tulang belakang serta tulang paha atas.

Senam osteoporosis ini memang sebaiknya dilakukan secara teratur dengan frekuensi 3-5 kali dalam seminggu. Setiap latihan diperlukan waktu 20-60 menit. Sebaiknya pada awalnya senam ini dilakukan dengan intensitas rendah kemudia untuk senam selanjutnya disesuaikan dengan kemampuan para peserta. Megingat begitu banyaknya serta pentingnya senam ini, tidak ada salahnya bagi penderita osteoporosis untuk lebih teratur dalam melakukan senam ini demi kesembuhan pengeroposan tulang yang ia derita maupun guna untuk pencegahan terjadinya pengeroposan tulang.

sumber artikel: http://www.bimbie.com/senam-osteoporosis.htm

RSU Queen Latifa mempunyai program senam, yaitu:

  • Senin jam 06.30 Senam DM
  • Selasa jam 06.30 Senam Asma
  • Rabu jam 06.30 Senam Osteoporosis
  • Kamis jam 06.30 Senam Pencegah Stroke

 

Copyright © 2017 RSU Queen Latifa All Rights Reserved.